Skip to main content

Rapat Teknis DKPP, Bahas Usulan Bantuan ke Pemerintah Pusat untuk Peningkatan Hasil Produksi Pertanian di Mahakam Ulu

By Maret 14, 2022No Comments

Senin, 14 Maret 2022

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Mahakam Ulu bertempat di ruang rapat terbuka kantor DKPP melaksanakan rapat internal yang difokuskan pada Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Saripudin, S.E. Dalam rapat ini turut hadir Sekretaris DKPP Bill Deng, S.P, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Petrus Ngo, S.P., serta para pejabat fungsional yang melaksanakan kegiatan didalam lingkup DKPP.

Dalam rapat ini dibahas berbagai perencanaan dan pengelolaan kegiatan diantaranya adalah usulan kegiatan kepada pemerintah pusat yakni Kementerian Pertanian yang langsung dimotori oleh DKPP sebagai stakeholder yang melaksanakan kegiatan dibidang pertanian di Kabupaten Mahakam Ulu. Dalam upaya pemenuhan penggunaan teknologi dalam bidang pertanian di Kabupaten Mahakam Ulu, DKPP mengajukan berbagai bentuk usulan diantaranya pembangunan Jalan Usaha Tani, Mesin Traktor, Mesin Cultivator, serta Mesin Pompa yang nantinya akan diberikan dan disalurkan kepada kelompok tani. Sebelum usulan dan bantuan diberikan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengusul diantaranya adalah titik lokasi calon penerima bantuan dan kelompok tani calon penerima bantuan, yang kemudian di berikan rekomendasi dan di tetapkan Surat Keputusan (SK) oleh Kepala Dinas.

Dalam arahannya, Kepala Dinas DKPP mengharapkan agar hasil CP/CL (Calon Penerima/Calon Lokasi) yang telah dilaksanakan untuk direkapitulasi dan dituangkan kedalam SK dan Rekomendasi Kepala Dinas untuk segera diajukan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Disamping itu hal-hal teknis yang menyangkut dengan kelengkapan dan persyaratan lainnya agar segera ditindaklanjuti oleh bidang yang menjadi penganggung jawab kegiatan seperti bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Menanggapi arahan Kepala Dinas, Sekretaris Dinas yakni Bill Deng juga menyampaikan informasi tentang hasil perjalanan ke Jakarta untuk menemui Kementerian Pertanian dalam hal ini Direktorat Jendral PSP, Dirjen Irigasi, Dirjen Perluasan Areal dalam upaya koordinasi terkait kegiatan yang dapat dilaksanakan di mahakam ulu untuk mendukung ketahanan dan kemandirian pangan. Dengan dukungan pemerintah pusat diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi bagi petani khususnya di Mahakam Ulu untuk dapat meningkatkan produksi hasil pertanian serta perluasan dan pengembangan lahan pertanian yang dimiliki sehingga dengan demikian harapan dan perwujudan dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu yakni Membangun Mahakam Ulu untuk semua : Sejahtera Berkeadilan dapat segera terwujud.

Dijelaskan pula oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Petrus Ngo, bahwa dengan luasan lahan yang dimiliki Mahakam Ulu tentu membuka peluang yang sangat besar untuk membuka lahan pertanian secara luas. Untuk metode usulan ke Kementerian Pertanian terdiri atas tiga prosedur yakni melalui E-Proposal, Kebijakan Daerah dan melalui Aspirasi DPRD yang diteruskan kepada DPR-RI dan selanjutnya DPR-RI meneruskan usulan tersebut kepada Dirjen-Dirjen yang ada di Kementerian Pertanian sesuai dengan kebutuhan usulan tersebut. Disamping itu keberadaan IKN di Pulau Kalimantan akan memberikan efek yang sangat besar bagi pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Mahakam Ulu. Senada hal tersebut juga disampaikan oleh Semion sebagai Pengawas Mutu Hasil Pertanian dimana Kabupaten Mahakam Ulu memang memerlukan sentuhan-sentuhan teknologi yang mampu memperluas areal lahan dan juga dengan demikian juga akan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian.

Rencananya rapat koordinasi ini akan dilaksanakan kembali setelah penetapan calon penerima bantuan telah dituangkan didalam SK dan Rekomendasi Kepala Dinas sehingga dengan demikian usulan kegiatan ini dapat terlaksana dan terakomodir dengan baik dalam upaya membantu petani dan meningkatkan hasil pertanian secara menyeluruh di Kabupaten Mahakam Ulu.

 

Laporan :

Anatolius Bahalan Tigang, S.P.

Pengawas Benih Tanaman Ahli Muda

@2022

Share:

Tinggalkan Komentar